Aksi 3: Praktik Baik Pemanfaatan PMM dalam Pembelajarandi SD Alkhairaat Sibalago

Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Pembelajaran dilakukan di kelas 6 dengan materi pelajaran Menjelajahi Sistem Tata Surya.


Problem based learning adalah model pembelajaran yang mengutamakan seberapa aktif peserta didik dalam selalu berpikir kritis dan selalu terampil ketika dihadapkan pada penyelesaian suatu permasalahan. Model Pembelajaran Problem Based Learning mempunyai beberapa target khusus untuk dicapai, tujuan dari penerapan program ini terhadap kualitas peserta didik seperti berikut:

  1. Untuk meningkatkan keterampilan berpikir secara kritis dari peserta didik dalam memilih dan memutuskan sesuatu.
  2. Memberi pelatihan dalam menyelesaikan permasalahan secara sistematis, matang dan terencana sehingga hasilnya positif.
  3. Problem based learning digunakan untuk membantu peserta didik memahami dengan benar peran orang dewasa di kehidupan.
  4. Adanya dorongan terhadap peserta didik agar mampu menjadi individu yang mandiri serta bertanggung jawab.

Berikut Sintak Model Pembelajaran Problem Based Learning :

  1. Orientasi Masalah, Dalam tahap ini guru terlebih dahulu memberi pemahaman dan penjelasan mengenai tujuan dari pembelajaran. Hal ini dilakukan agar menumbuhkan motivasi belajar dari para peserta didik, khususnya pada proses pembelajaran rpp problem based learning.
  2. Mengorganisasi Peserta Didik, Sintak problem based learning di tahap ini guru akan mengorganisasi peserta didik ke dalam sistem belajar, dengan memberi tugas setelah ditentukan topik dan penjelasan mengenai proses mengerjakan dan lainnya. Sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.
  3. Memberi Bimbingan, Dalam tahap ini guru akan memberikan bimbingan pada setiap individu maupun kelompok, tujuannya agar peserta didik bisa mendapatkan sumber atau referensi yang sesuai. Tentunya sumber yang dimaksud sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi.
  4. Mengembangkan Hasil Karya, Pada tahap ini peserta didik mendapatkan bantuan dari guru, khususnya dalam mempersiapkan hasil dari proses pemecahan masalah yang sudah dilakukan kemudian dibentuk dalam sebuah laporan. Hasil laporan inilah yang nantinya akan diberikan pada guru, bisa berupa dokumentasi, rekaman beserta teori pendukung lainnya.
  5. Melakukan Analisis dan Evaluasi, Dalam model problem based learning, guru kemudian meminta para siswa agar merefleksikan serta melakukan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh. Hal ini dilakukan dari sisi proses dan metode, karena itu harus dilakukan dengan sistematis.




Pembelajaran yang berlangsung dengan Model PBL membuat peserta didik menjadi bersemangat dalam belajar karena mereka menonton video dan mengikuti kuis interaktif yang ada dalam media pembelajaran yang disiapkan oleh guru yaitu Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan materi Tata Surya. Perangkat ajar dan Media ajar ini di download melalui PMM untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

#Pusdatinkemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologikemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar

Komentar